Sabtu, 27 Oktober 2012

William H. Stein, Penulis Nobel Kimia Tahun 1972


William H. Stein
Saya dilahirkan pada tanggal 25 Juni 1911 di kota New York, anak kedua dari tiga bersaudara, dari pasangan Freed M, dan Beatrice Borg Stein. Ayah saya adalah seorang wiraswastawan yang sangat tertarik dalam bidang urusan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan, dan ia pensiun di usia yang masih muda untuk mengabdikan sisa waktunya pada permasalahan tersebut yang ada di Asosiasi Kesehatan dan Tuberkolosis New York, Rumah sakit Montefiore dan instansi lainnya. Ibu saya juga demikian, tertarik dengan urusan masyarakat dan mencurahkan hidupnya untuk memperbaiki hidup anak-anak di kota New York.
Selama masa kecil saya, saya menerima banyak dorongan dari kedua orangtua saya untuk memasuki ilmu sains kedokteran atau ilmu sains dasar.
Pendidikan awal saya adalah di Sekolah Lincoln di Kampus Pendidik Universitas Columbia di kota New York, sebuah sekolah yang cukup maju pada saat itu dan membantu perkembangan minat aktif saya dalam seni kreatif, musik dan menulis. Di sana, saya mendapat pelajaran kimia pertama yang terbukti menjadi mata pelajaran yang sangat berharga dan sangat menarik.
Saya meninggalkan sekolah ini ketika saya berusia 16 tahun dan pergi ke Sekolah persiapan pertama di Inggris, yang bernama Akademi Phillips Exeter, yang pada saat itu, meski ada sedikit perubahan, memiliki didiplin dan lebig mengutamakan belajar dari pengalaman daripada yang saya dapatkan di Lincoln. Ketika di Exetrlah saya diperkenalkan dengan standar akurasi penulisan, dan kerja secara umum yang saya pikir telah memberikan manfaat besar, dan saya yakin bahwa gabungan antara sekolah progresif dan menyesuaikan kebutuhan seperti yang saya nikmati adalah persiapan yang baik. Dari Exeter, saya kuliah di Harvard yang juga saya nikmati, meski bukan karir akademik yang menonjol, dan lulus dari kampus pada tahun 1933 ketika terjadi depresi ekonomi hebat.
Saya mengambil jurusan kimia di kampus dan memutuskan untuk melanjutkan sebagai mahasiswa pasca sarjana pada ilmu tersebut. Namun hal ini malah menjadi bukti ketidakberuntungan penglaman saya pada tahun pertama kuliah karena prestasi yang sangat rendah. Saya nyaris mengabaikan karir di bidang sains sebelum ada yang menyarankan bahwa mungkin saya lebih menikmati biokimia daripada kimia organik.
Tahun berikutnya, saya pindah ke Departemen Biokimia, yang dikepalai Hans Clarke di Kampus Kedokteran dan Bedah di Universitas Columbia di New York. Departemen Columbia membuka mata saya. Profesor Clarke telah berhasil mengatasi dirinya sendiri dengan fakultas yang aktif dan mengesankan dan hampir sama dengan kumpulan mahasiswa yang saling memberi semangat. Dengan keadaan inilah saya mengalami perubahan yang luar biasa pada waktu yang singkat. Tesis saya melibatkan analisis asam amino pada protein elastin, yang kemudian diduga memainkan peranan dalam penyakit arteri koroner dan saya melengkapi persyaratan untuk gelar saya di Columbia pada tahun 1937, dan langsung pergi ke Laboratorium Max Bergmann di Institut Rokckefeller.
Ketika masih menjadi mahasiswa pasca sarjana, saya sangat beruntung bisa menikah, pada tahun 1936, Phoebe Hockstader yang telah memberikan dukungan sangat besar kepada sayalah yang menjadi istri saya. Kami memiliki tiga anak, William H. Jr., 35 tahun; David F., 33 tahun., dan Robert J., 28 tahun.
Bergmann, saya pikir, waktu itu adalah ahli kimia protein yang sangat besar pada abad itu, dan dia jugalah yang mampu mengumpulkan sebuah grup pasca doktoral yang sangat berbakat. Di laboratoriumnya ketika saya ada di sana, terdapat Dr. Moore, sebagai tambahan, ada pula Dr. Joseph S. Fruton, Dr. Emil L. Smith, Dr. Klaus Hofmann, Dr. Paul Zemenick dan lainnya. Ketika itu, sangatlah tidak mungkin untuk tidak berurusan dengan bisnis penelitian dalam kimia protein oleh Bergmann, dan dengan grup luar biasa yang ada di sekitarnya.
Tugas Moore dan saya adalah untuk mengembangkan metode analisis akurat untuk penetapan komposisi asam amino dalam protein, karena Bergmann percaya, sebagaimana kami juga percaya, bahwa analisis asam amino dalam protein melahirkan pertalian yang kuat antara makromolekul ini berasal dari analisis dasar kimia senyawa organik yang lebih sederhana. Selama epriode ini di pertengahan tahun 1930-an, Bergmann dan Fruton beserta koleganya mengerjakan spesifikai enzim proteolitik, yang memiliki pengaruh yang sangat besar pada pengetahuan kita tentang bagaimana fungsi enzim dan memungkinkan untuk menggunakan enzim proteolitik ini sebagai alat untuk mendegradasi dan menurunkan struktur molekul protein sejak itu.
Penelitian tentang protein tertunda selama perang berlangsung karena adanya tekanan, dan Dr. Moore meninggalkan laboratorium untuk membantu Washington dan di tempat lain. Keseluruhan grup ini terikat dengan penelitian untuk Kantor Pengembangan dan Penelitian Ilmiah. Kematian Bergmann pada tahun 1944 mengejutkan dunia karena ditinggal seorang ahli kimia yang terkenal, dan tentu saja, meninggalkan laboratorium tanpa adanya kepala. Grup ini terus melanjutkan fungsinya hingga perang berakhir ketika Moore dan saya sangat beruntung karena diminta oleh Dr. Herbert Gasser, Direktur Institut, untuk menetap di Rockefeller dengan kebebasan untuk melakukan apapun ynag kami sukai di bidang biokimia.
Pada waktu yang sama, telah terjadi pengembangan luar biasan di Inggris tentang pemisahan asam amino dengan khromatografi kertas oleh Martin dan Synge dan Sanger telah memulai penelitiannya pada penurunan struktur insulin. Selanjutnya, mungkin tidak mengejutkan nahwa Moore dan saya meringkas kerjasama kami dan mengikuti saran oleh Synge untu memulai memisahkan asam amino dengan kolom pati kentang. Kami sangat beruntung dengan menggunakan jenis pati kentang ini, yang sangat cocok untuk kebutuhan analisis kami, dan sejak saat itu, dimulai analisis asam amino pertama, yang dilanjutkan dengan analisis struktur protein. Dari kolom berbahan pati kentang, kami mencapai kemajuan dengan menggunakan resin penukar ion, yang mengembangkan alat analisis asam amino otomatis, bersama-sama dengan sebuah grup peneliti yang sangat ahli di bidangnya, juga dimulai penelitian struktur ribonuklease.
Kolom ini juga digunakan untuk tujuan lain. Pada penelitian sebelumnya, kami mengembangkan pengumpul fraksi otomatis yang mamu menghitung secara otomatis, yang sekarang telah banyak didapatkan dalam instrumen laboratorium biokimia di seluruh dunia.
Saya harus mengaskan bahwa pengembangan metode tumbuh sesuai kebutuhan bukan karena keinginan khusus untuk mengembangkan metode. Kami butuh mengetahui komposisi asam amino senyawa protein, kami juga perlu untuk memisahkan dan menganalisis peptida dengan hasil yang baik, dan juga kami butuh untuk memurnikan senyawa protein secara khromatografi. Oleh karena saat itu tidak ada metode yang digunakan untuk melakukan hal-hal tersebut, maka kami harus mengembangkan sendiri. Kami tidak hanya ingin tahu urutan asam amino dalam enzim seperti ribonuklease, tapi kami juga ingin mencari tahu sebanyak mungkin yang kami bisa tentang apa yang menyusun enzim, dan setelah kami mengambil enzim tersebut dan menelitinya sejauh yang kami pikirkan, kami pun beralih pada sejumlah pertanyaan lain yang tercantum dalam Kuliah Nobel.
Selama waktu ini, kami mendapat dukungan dari administrasi di Rockefeller yang percaya dengan membiarkan kami melakukan hal-hal tersebut yang kami pikir sangat penting, dan selama beberapa tahun terakhir penelitian ini, kami juga mendapat bantuan keuangan dari NIH. Untuk hal inilah, dan karena khususnya sejumlah besar kolega berbakat dan tekun yang kami miliki di laboratorium , kami sangat bersyukur.
Selama peride ini, masing-masing dari kami, secara alami, membangun ketertarikan degan hal-hal di luar laboratorium. Saya, sebagai contoh, menjadi sangat perhatian dengan penyebaran informasi ilmiah dan dengan satu cara dan lainnya, telah terikat dengan Jurnal Kimia Biologi untuk Bahan selama lebih dari lima belas tahun. Selama perriode inilah, telah menjadi sebuah keistimewaan buat saya untuk bekerja dengan sebuah grup ahli biokimia yang berdedikasi dan mengabdikan diri mereka untuk bekerja dengan rekanan ahli iokimia lainnya di seluruh dunia.
Himpunan Kegiatan Ilmiah – Akademi Sains Nasional, Akademi Seni dan Sains Amerika, Himpunan Ahli Kimia Biologi Amerika, Himpunan Biokimiawan London, Himpunan Kimia Amerika, Asosiasi Amerika untuk Pengembangan Sains, Himpunn Harvey New York.
Saya adalah anggota Dewan Editor Jurnal Kimia Biologi, yang sangat selektif, selama enam tahun, dan menjadi Ketua Dewan ini selama tiga tahun 1958-1961. Setelah merampungkan penelitian saya di Komite Editorial, saya menjadi anggota Dewan Komisaris Editorial Jurnal Kimia Biologi pada tahun 1962, dan menjadi Editor Rekanan dari tahun 1964 hingga tahun 1968. Saya menjabat redaktur, menggantikan John T. Edsall pada tahun 196, sebuah jabatan yang terpaksa saya lepaskan karena sakit.
Akitivitas lainnya – Anggota Dewan Institut Penyakit Saraf dan Kebutaan NIH, pada tahun 1961-1966; Ketua Komite Nasional Biokimia Amerika Serikat pada tahun 1968-1969; Pengajar di Phillip Schaffer Universitas Washington di St. Louis pada tahun 1965; Pengajar Harvey pada tahun 1956, Pengajar Phillips di Kampus Haverford pada tahun 1962, Profesor Tamu di Universitas Chicago pada tahun 1961; Profesor Tamu di Universitas Harvard pada tahun 1964; Anggota Dewan Penasehat Kedokteran, Sekolah Kedokteran Hadassah Universitas Hebrew pada tahun 1957-1970, Komisaris Rumah Sakit Montefiore.
Penghargaan (berbagi dengan Stanford Moore): Penghargaan Himpunan Kimia Amerika dalam Khromatografi dan Elektroforesis pada tahun 1964, Medali Richards dari Himpunan Kimia Amerika pada tahun 1972; Penghargaan Kaj-Linderstrøm-Lang di Kopenhagen pada tahun 1972.
William H. Stein meninggal pada tanggal 2 Februari 1980

0 komentar:

Posting Komentar